27 Jan

Wanita WAJIB Tahu Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Pasca Kuret Agar Tidak Keguguran Lagi

tips hamil setelah kuret,setelah kuret kapan boleh berhubungan lagi,hamil setelah kuret tanpa haid,program hamil pasca keguguran,bahaya hamil setelah kuret 1 bulan,setelah kuret kapan boleh hamil lagi,hamil setelah kuret karena janin tidak berkembang,setelah kuret langsung hamil

Keguguran bagi wanita adalah pengalaman buruk yang tak terlupakan.

Ada rasa kecewa dan trauma mendalam ketika seseorang mengalami kejadian ini. Bahkan pengalaman buruk tersebut selalu membayang-bayangi pikirannya sehingga dirinya takut dengan namanya kehamilan.

Tapi…sebagai wanita tentu saja naluri ke-ibuan tersebut akan memperkuat keinginannya untuk segera hamil dan melahirkan seorang anak.

Meskipun pengalaman sebelumnya sangat menyedihkan, namanya wanita pasti ingin punya anak.

Hanya saja perlu waktu untuk menenangkan diri dari kejadian pahit yang pernah menimpanya (keguguran).

Lalu…kapan waktu yang baik dan tepat untuk hamil lagi pasca keguguran dan kuret?

Ini adalah topik yang akan kita bahas di artikel ini.

Kami harap denga mengetahui dan membaca artikel ini, maka trauma calon ibu bisa segera hilang dan niatnya untuk segera menjadi Ibu bisa segera dilanjutkan dengan usaha yang dilakukan.

Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Pasca Kuret

Sebetulnya, kapan waktu atau hari H yang tepat untuk hamil lagi setelah keguguran dan kuret masih menjadi hal yang kontroversi.

Secara umum banyak yang menjawab kalau setelah keguguran, wanita boleh HB (hubungan badan) dengan suami dan melanjutkan program hamil setelah 3-6 bulan setelah keguguran.

Waktu tersebut dianggap yang paling ideal untuk bisa hamil lagi setelah keguguran.

Selain alasan trauma si wanita yang sudah berangsur membaik. Kondisi fisik juga jadi alasan yang melatafbelakanginya.

Ini hanya jawaban secara umum yang mungkin anak anda dengar ketika menanyakan kepada orang lain/orang-orang yang sudah pernah mengalaminya.

Sedangkan secara ilmiah…jawaban itu berbeda.

Beberapa studi/penelitian menunjukan kalau wanita yang merencanakan kehamilan setelah 6 bulan keguguran memang lebih jarang mengalami keguguran ulang.

Tapi waktu 6 bulan tersebut berlaku untuk faktor penyebab keguguran tertentu.

Jika faktornya kronis…mungkin waktu 6 bulan itu WAJIB ditempuh untuk menghindari risiko keguguran lagi.

Tapi kalau hanya pada level akut. 6 bulan adalah waktu yang cukup lama untuk merencanakan kehamilan kembali.

Jadi, kalau anda pernah mengalami keguguran dan dalam waktu dekat ini ingin segera mempunyai anak. Segera lakukan konsultasi dengan Dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat.

Karena dengan anda berkonsultasi, maka nanti akan dilakukan analisa dan juga pemeriksaan terhadap kondisi anda untuk mencari kemungkinan adanya kelainan tertentu yang menyebabkan keguguran ulang.

Biasanya pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah diri anda terdapat infeksi TORCH (toxoplasma, rubella, citomegalovirus dan herpes) ataupun kelainan lain seperti inkompetensi serviks (leher rahim lemah).

Pemeriksaan yang dilakukan Dokter biasanya meliputi screening/uji tapis TORCH, USG, dsb. Kalau tidak ditemukan adanya gangguan atau masalah yang bisa mempengaruhi program kehamilan anda.

70-80% anda bisa melanjutkan program kehamilan tanpa adanya rasa takut akan keguguran ulang.

Tapi jika akhirnya Dokter menemukan adanya penyebab spesifik yang menyebabkan anda mengalami keguguran dan kuret.

Maka  sesegera mungkin tindakan lanjut perlu diambil supaya masalah anda bisa segera teratasi. Dan yang paling penting lagi anda bisa melanjutkan program kehamilan anda.

Itulah penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk hamil setelah keguguran dan kuret.

Apa dengan ini anda sudah paham? Sebetulnya boleh-boleh saja dalam waktu kurang dalam 6 bulan anda merencanakan program hamil lagi. Tapi perlu diingat, kondisi anda harus benar-benar baik (tidak ada gangguan organ reproduksi).

Dan juga, pasca kuret mungkin akan lebih mengkhawatirkan untuk kembali lagi hamil. Jadi anda juga perlu perhatikan hal-hal yang boleh dilakukan oleh wanita saat melakukan promil pasca kuret.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memberikan edukasi bagi wanita-wanita yang ingin segera punya anak pasca keguguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!